Senin, 15 Oktober 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERGESERAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN


Faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran permintaan dan penawaran adalah sebagai berikut:
1.    Perubahan Tingkat Pnedapatan Penduduk
Apabila pendapatan penduduk bertambah dan harga barang tetap, ada kemungkinan permintaan terhadap barang/jasa meningkat. Kemudian, pertambahan permintaan akan mengakibatkan berubahnya penawaran barang/jasa. Apabila barang/jasa yang ditawarkan persediaannya berkurang maka harga barang/jasa akan naik. Pada saat harga naik, permintaan kembali turun.
2.    Perubahan Jumlah Pendududuk
Bertambahnya penduduk akan menimbulkan bertambahnya kebutuhan berbagai macam barang atau jasa, sehingga permintaan akan bertambah. Naiknya permintaan, berpengaruh terhadap penawaran barang atau jasa yang ditawarkan sehingga pada suatu saat permintaan akan menurun kembali. Ketika permintaan menurun, penjual/produsen yang masih memiliki banyak barang/jasa akan menaikkan penjualan dan menurunkan harga.
3.    Selera Penduduk
Pergeseran permintaan dari satu barang ke barang lain akan berpengaruh juga terhadap pergeseran penawaran. Keadaan ini akan mengakibatkan naik turunnya permintaan serta naik turunnya baran/jasa yang ditawarkan.
4.    Perubahan Teknologi Produksi
Dengan adanya teknologi yang baru, produksi dapat ditingkatkan sehingga menyebabkan jumlah barang yang ditawarkan akan naik/meningkat.
5.    Munculnya Produsen/penjual baru
Setiap saat, muncul produsen/penjual baru sehingga kemungkinan besar barang yang ditawarkan akan bertambah.
6.    Perubahan harga sumber-sumber produksi
Fluktuasi harga sumber-sumber produksi akan mengakibatkan naik dan turunnya biaya produksi. Apabila harga sumber produksi rendah maka biaya produksi sedikit dan dapat menghasilkan barang yang banyak sehingga jumlah yang ditawarkan akan bertambah.
7.    Harga barang subsitusi
Munculnya harga barang subsitusi yang lebih rendah, mendorong konsumen untuk memilih barang subsitusi tersebut,
8.    Faktor lain (Harapan, hubungan sosial, dan politik)
Hsrapan, hubungan sosial dan keadaaan politik, pada saat stabil akan mengarah pada kemakmuran sehingga masyarakat mampu meningkatkan pendapatan yang pada akhirnya mendorong pada peningkatan permintaan barang/jasa. Hal ini akan berpengaruh pula terhadap barang dan jasa yang ditawarkan.

4 komentar: