Rabu, 03 Oktober 2012

Proses Terbentuknya Harga Keseimbangan


Berdasarkan hukum permintaan, pembeli selalu mengharapkan harga yang serendah-rendahnya sedangkan berdasarkan hukum penawaran penjual selalu mengharapkan harga yang setinggi-tingginya untuk mengejar suatu keuntungan. Kuantitas yang ditawarkan mengacu pada jumlah dari penjual  yang bersedia untuk memasok ketika menerima harga tertentu. Korelasi antara harga dan berapa banyak barang atau jasa yang dipasok ke pasar dikenal sebagai hubungan penawaran. Akhir pelajaran ini Anda bisa menentukan keseimbangan.


A.   PENGERTIAN HARGA KESEIMBANGAN
 1.    Pengertian Harga
Harga merupakan kemampuan atau nilai sesuatu yang diukur dengan uang. Jadi harga barang adalah kemampuan suatu barang untuk ditukarkan atau dinilai dengan uang. Suatu barang mempunyai harga tinggi jika barang tersebut ditukarkan akan mendapat uang yang banyak. Dengan uang dapat dibedakan harga suatu barang dengan harga barang lain.
Dari sudut produsen/penjual harga merupakan ukuran nilai objektif yang terkandung dalam produk. Harga tersebut merupakan akumulasi dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan ditambah dengan keuntungan yang diharapkan. Sedangkan harga bagi konsumen merupakan biaya yang harus dibayarkan kepada produsen atau penjual sebagai penukar untuk memiliki produk tersebut.
2.    Harga Keseimbangan
Kecenderungan pembeli ialah menginginkan harga murah dengan kualitas yang bagus sedangkan penjual mempunyai kecenderungan untuk mendapatkan keuntungan banyak. Kecenderungan yang berlawanan seperti ini tidak akan menghasilkan transaksi jika tidak ada kesepakatan harga.
Harga keseimbangan disebut juga dengan harga pasar. Harga keseimbangan adalah suatu keseimbangan antara jumlah barang yang diminta dengan jumlah barang yang ditawarkan pada suatu harga tertentu. Disebut sebagai harga keseimbangan karena jumlah barang yang diminta dan barang yang ditawarkan adalah sama. Harga keseimbangan (equilibrium price) adalah harga yang terbentuk dari titik temu antara permintaan dan penawaran. 

B.    PROSES TERBENTUKNYA HARGA KESEIMBANGAN
Masih ingatkah kamu pembahasan kita mengenai permintaan dan penawaran? Hal apa yang berpengaruh terhadap permintaan dan penawaran? Bukankah harga merupakan salah satunya? Apakah yang terjadi apabila permintaan dan penawaran bersama-sama berada dalam suatu pasar? Marilah bersama kita bahas permasalahan tersebut. Faktor terpenting dalam pembentukan harga adalah kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan dan penawaran akan berada dalam keseimbangan pada harga pasar jika jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Keseimbangan pasar terbentuk karena kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran.
Di samping kekuatan permintaan dan penawaran, perkembangan harga juga berubah mengikuti situasi dan kondisi ekonomi. Jadi walaupun harga pasar bertahan pada tingkat tertentu dalam waktu yang relatif lama, tetapi jarang ada yang tetap. Dari waktu ke waktu harga berubah, naik dan turunnya tergantung pada kekuatan pasar dan kondisi yang dihadapi. Mungkin pada saat tertentu produk masih bertahan pada suatu tingkat harga tertentu, harga produk lain tidak berubah naik atau turun.

2 komentar: